Cara Memilih Genset Cummins Untuk Rumah Tangga Secara Tepat

Dalam memilih genset cummins yang tepat untuk sektor rumah tangga, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik, yaitu :

  1. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan listrik

Pertama tama, cari tahu terlebih dahulu kebutuhan listrik harian Anda. Cara menghitung yang paling praktis, adalah dengan menggunakan ukuran va yang diperoleh dari jaringan listrik milik pemerintah. Namun jika Anda ingin memperoleh data yang lebih akurat, Anda dapat menghitung daya kebutuhan listrik harian sendiri. Misalnya saja Anda menggunakan aliran listrik dari pemerintah sekitar 1.200 va, maka kali ini Anda akan mencari genset yang ukuran minimanya 1.2 kva.

Ukuran 1.2 kva ini adalah ukuran minimal, yang mampu memenuhi kebutuhan listrik harian di rumah Anda namun alangkah baiknya jika Anda mencari genset yang ukurannya sedikit lebih besar, misalnya saja 10 % lebih besar atau bahkan lebih. Alasannya, untuk memenuhi cadangan listrik harian Anda. Lantaran ada kalanya beberapa peralatan listrik membutuhkan daya sedot listrik yang besar, ketika pertama kali dinyalakan, salah satu contohnya adalah PC, dan yang lainnya.  

  1. Pilih berdasarkan tipe

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah tipe genset yang dibutuhkan. Dalam hal ini genset cummins, mempunyai 3 jenis, yaitu open type, mobile type dan juga silent type.

Bagi Anda yang mempunyai budget terbatas, ada baiknya jika memilih :

  • Open type, tidak lain adalah genset terbuka, dan yang paling banyak dipilih. Untuk mengatasi suara bising, Anda dapat mengatasinya dengan menyimpan genset tersebut dalam sebuah ruangan khusus, yang kedap suara.
  • Silent type. Dilengkapi dengan casing, yang membuat produk yang satu ini kuat terhadap berbagai cuaca dan pastinya tidak berisik, walaupun harganya lebih mahal dibanding produk genset lainnya.   
  1. Pilih berdasarkan jenis

Selain memilih berdasarkan tipe, Anda juga perlu memilih berdasarkan jenisnya. Dalam hal ini ada 2 jenis genset yang ditawarkan, antara lain :

  • Genset standby

Disebut dengan genset standby, tidak lain adalah genset yang akan dipasang secara permanen, dan akan berfungsi secara otomatis, ketika terjadi pemadaman listrik. Sebaliknya, jika aliran listrik sudah kembali menyala, maka genset akan secara otomatis mati.

  • Genset portable

Termasuk salah satu genset yang cukup populer dan banyak digunakan, lantaran harga nya yang lebih murah. Selain itu, genset yang satu ini mudah digunakan di berbagai macam tempat.  

  1. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki  

Satu hal yang pasti, sesuaikan genset yang akan dibeli kelak, dengan budget yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Namun ketika Anda belum mengetahui kisaran harga genset, Anda dapat mencari informasi di distributor genset cummins yang ada di kota Anda atau bisa juga secara online.

Dari ulasan di atas, tentunya jelas sudah, tentang tips dan hal hal yang perlu Anda perhatikan, ketika akan membeli genset cummins untuk sektor rumah tangga secara tepat, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.