Ilustrasi CMS Toko Online

Keunggulan Menggunakan CMS WordPress untuk Toko Online

Pembuatan website umumnya tersedia platform CMS yang bisa digunakan secara gratis, yaitu WordPress. Platform WordPress mempunyai 2 jenis, yakni WordPress hosted dan juga self hosted. Pada WordPress hosted menyediakan fitur berbayar dan tidak diperlukan hosting, sedangkan WordPress self hosted sepenuhnya bisa digunakan secara gratis tanpa perlu lagi domain dan hosting yang akan digunakan. CMS adalah singkatan dari content management system yang merupakan salah satu jenis platform online yang mempunyai fungsi dalam pengelolaan website dengan mudah, seperti pembuatan artikel, pengaturan tema, mengupload gambar, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa kelebihan dan kelemahan CMS toko online yang menggunakan platform WordPress:

  • Kelebihan CMS WordPress untuk toko online

Pada umumnya, ada banyak sekali platform CMS toko online yang digunakan melalui platform WordPress yang bisa digunakan sepenuhnya secara gratis. Akan tetapi, WordPress mempunyai beberapa keunggulan yang bisa Anda coba dan memudahkan penggunanya dalam pengelolaan berbagai macam konten website dengan aman dan fleksibel. 

  1. Free, tanpa biaya langganan

Kelebihan dari WordPress self hosted ini adalah gratis, tanpa biaya langganan. Hal ini membedakan dari WordPress hosted yang memerlukan biaya berbayar dalam membuka fitur tertentu. Meskipun demikian, Anda perlu mempunyai domain dan juga hosting berbayar saat memulai menggunakan CMS melalui platform WordPress. Dalam pembuatannya, Anda bisa mengaksesnya menggunakan fitur softaculous yang disediakan di chanel hosting. Dalam pembelian hosting dan domain, Anda bisa membelinya pada penyedia hosting yang terpercaya.

  1. Mudah dalam modifikasi

Platform WordPress mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan digital, seperti halnya pembuatan fitur daftar isi, landing page, menambah keamanan yang berupa firewall dan lainnya. Hal ini dikarenakan WordPress menyediakan berbagai plug in yang bisa digunakan secara gratis, namun ada juga yang berbayar seperti page generator pro, elementor pro, dan sebagainya.

  1. Mempunyai fitur yang lengkap

Tak kalah saing dengan CMS lainnya, WordPress juga dilengkapi oleh beragam fitur dalam pembuatan website seperti yang Anda impikan. Terlebih lagi jika menggunakan SEO, maka WordPress bisa lebih diandalkan dalam kebutuhan promosi dan juga rebranding digital. 

  1. Professional 

Dibanding CMS toko online yang lainnya seperti blogger, platform WordPress ini mempunyai keunggulan dari penggunaannya yang profesional dalam kebutuhan digital. Pasalnya WordPress ini akan digunakan untuk berbagai kebutuhan website. 

  • Informasi CMS WordPress

Platform WordPress memang lebih bagus digunakan dibanding CMS blogger dalam penggunaan jangka panjang dalam mengoptimasi SEO. Hal ini dikarenakan WordPress mempunyai plug in SEO yang bisa membantu para penulisnya dalam memaksimalkannya dengan penggunaan fitur indikator tambahannya. Akan tetapi, memilih CMS dalam penentuannya adalah Anda sendiri. Anda bisa memilih WordPress, hugo, ghost, blogger, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa belajar teknik optimasi SEO dalam peningkatan visitor untuk kebutuhan website seperti SEO on-page atau teknik penulisan dan SEO off page atau backlink.

Leave a Comment

Your email address will not be published.