pinjaman dengan jaminan

Menerima Pinjaman Jaminan BPKB? Pastikan Selalu Keasliannya!

 Saat membeli kendaraan baik itu baru atau bekas Anda akan mendapatkan STNK beserta surat identifikasi motor atau dikenal dengan BPKB, Anda patut curiga jika membeli kendaraan bekas tanpa ada surat-surat tersebut, bisa jadi kendaraan yang dibeli kendaraan bodong atau tanpa surat resmi, bagaimana mengenali pinjaman jaminan BPKB asli atau tidak?

Bagian Sampul

Tidak sedikit orang yang memilih kendaraan bekas sebagai moda transportasi pribadi, meskipun bekas banyak juga yang kondisinya masih bagus, jika Anda berniat membeli kendaraan bekas bukan hanya keadaan kendaraannya saja yang perlu dicek tapi surat-suratnya juga perlu dicek.

Anda harus memastikan bahwa surat-surat tersebut terjamin keasliannya mengingat di jaman sekarang banyak orang yang kurang bertanggung jawab, Anda bisa rugi ketika mendapatkan surat kendaraan yang palsu salah satunya tidak bisa membayar pajak pada waktu jatuh tempo, diperlukan ketelitian mengecek surat resmi seperti BPKB asli yaitu dengan melihat bagian sampulnya, bahan sampul dari BPKB asli cenderung lebih mengkilap dibandingkan BPKB palsu yang terlihat buram.

Hologram

Tak hanya bahan sampul saja yang perlu diperhatikan dengan teliti namun Anda juga perlu mengecek warna hologramnya, caranya cukup mudah yaitu dengan menerawang hologram tersebut apabila berubah warna menjadi warna kuning menandakan BPKB palsu, karena pinjaman jaminan BPKB asli memiliki warna hologram abu-abu dan tidak berubah warna ketika diterawang.

Nomor Seri

Selain kedua poin yang sudah disebutkan sebelumnya Anda bisa kembali mengecek bagian nomor serinya, nomor seri yang terletak di bawah hologram dibuat untuk membedakan wilayah domisili, perlu diketahui bahwa detil nomor seri tidak boleh dipublikasikan secara umum karena bersifat rahasia.

Identitas Pemilik Kendaraan

Pada BPKB palsu yang biasanya diubah hanya data kendaraan saja sementara data dari pemilik kendaraan tidak ada perubahan, karena pada bagian data kendaraan mudah untuk diprint ulang sehingga Anda bisa dengan mudah mengenali palsu tidaknya BPKB dari bagian tersebut.

Lambang Korlantas

Hal terakhir yang bisa Anda cermati saat menerima pinjaman jaminan BPKB asli atau palsu adalah bagian lambang korlantas, lambang korlantas BPKB asli yang ada di halaman ke-14 akan terlihat saat diterangi sinar ultraviolet, selain itu saat permukaan kertas diraba Anda akan merasakan tekstur kertas yang sedikit kasar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.