tempat konstruksi dengan warna grayscale

Mengenal Apa Itu Baja Plat Strip

Pernahkah Anda mendengar istilah baja plat strip. Ini termasuk salah satu material yang cukup umum digunakan dalam membuat sebuah rumah, atau juga untuk fungsi lainnya. Selain itu, material yang satu ini juga mudah Anda temukan di toko material yang juga menjual besi, dan yang lainnya.   

Apa itu baja plat strip

Apa itu baja plat strip tidak lain adalah sebuah material dari bahan baja yang bentuknya kotak dan juga terlihat gepeng. Jika dilihat sepintas, bentuknya seperti papan kayu. Baja plat strip ini sendiri juga kerap disebut dengan plat strip atau juga strip plate.

Di pasaran sendiri selain besi plat, ada juga besi plat lain yang juga biasanya digunakan, seperti plat hitam, plat kapal, plat kembang, plat borders.

Bahan pembuatan baja plat strip

Besi baja plat strip ringan ini sendiri termasuk ke dalam kategori baja karbon rendah atau low carbon steel, yang mengandung 0,04 % hingga 0,10 carbon. Terdapat beberapa bahan yang digunakan untuk membuat material yang satu ini, antara lain nikel, krom, karbon, silikon, besi dan juga molibdenum, yang kadarnya cukup tinggi.

Dalam proses pembuatannya, material yangs atu ini membutuhkan peralatan yang tepat dan berkualitas. Agar mampu menghasilkan plat strip yang sempurna ukurannya, dengan bahan yang halus, dan juga mempunyai ukuran yang sama.

Ukuran baja plat strip

Adapun ukuran panjang dari material yang satu ini standarnya sekitar 6 meter, dan lebarnya sendiri cukup bervariasi, mulai dari 19 mm, hingga 200 mm. Sementara variasi ketebalan plat itu sendiri, sekitar 3 m hingga 12 mm.

Baja plat strip biasanya untuk apa

Karena bentuk baja plat strip putih ini yang mirip seperti papan kayu, cenderung kotak dan juga pipih, maka bahan yang satu ini dapat digunakan dalam beberapa hal, antara lain :

  1. Untuk rumah

Material yang satu ini dapat digunakan untuk mempercantik rumah Anda. Umumnya material yang satu ini digunakan untuk teralis jendela, atau juga sebagai kusen jendela (sebagai pengganti kusen kayu).   

Tidak hanya itu, strip plate ini sendiri juga dapat digunakan sebagai pagar besi atau juga jadi teralis pada pagar besi.

  1. Untuk konstruksi rumah

Material yang satu ini juga kerap kali digunakan sebagai material konstruksi rumah itu sendiri. Seperti diketahui bersama, kualitas bahan yang satu ini sangat baik, tentunya mampu membuat bangunan baik rumah atau bangunan lainnya jadi semakin kokoh.

Adapun bahan yang satu ini umumnya digunakan sebagai pelapis lantai 2 pada rumah, dan yang lainnya.   

  1. Untuk keperluan lainnya

Selain dapat digunakan untuk memperkokoh dan mempercantik bangunan rumah, material yang satu ini juga biasanya digunakan untuk keperluan lainnya, seperti sebagai salah satu bahan untuk membuat alat transportasi, dan yang lainnya.  

Selain digunakan sebagai beberapa fungsi yang telah disebutkan sebelumnya. Material baja plat strip ini juga dapat digunakan dalam industri permesinan, seperti mesin tekstil, food and beverage, dan yang lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.