maklon skincare

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Maklon Skincare

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk ketika kamu menggunakan jasa maklon skincare untuk memproduksi produk skincaremu. Sebelum memutuskan sesuatu, ada baiknya kamu mempertimbangkan dengan matang dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Mungkin kelebihan dan kekurangan jasa maklon dapat menjadi informasi untukmu sebelum mempertimbangkan menggunakan jasa maklon atau tidak.

Kelebihan Jasa Maklon Skincare

Jasa maklon untuk pembuatan skincare sering digunakan oleh beberapa perusahaan industri di bidang skincare karena memberikan banyak keuntungan seperti :

  1. Proses izin atau lisensi sangat mudah

Kamu pasti memahami bahwa mengurus izin BPOM dan sertifikat produk halal sangatlah lama. Kamu akan membuang banyak waktu jika mengurusnya sendiri, akan tetapi jika kamu menggunakan jasa maklon, maka pihak perusahaan jasa maklon akan membantu dalam pengurusan izin edar BPOM serta sertifikat produk halal tersebut. 

Biasanya hanya dalam waktu 6 bulan saja, izin edar BPOM dan sertifikat produk halal sudah turun, sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan perizinan atas produkmu lagi ketika kamu sudah mulai mengedarkannya.

  1. Tidak perlu memikirkan komponen yang dibutuhkan untuk produksi

Jika kamu memproduksi skincare sendiri, maka kamu akan membutuhkan modal yang lebih besar untuk membeli alat produksi dan bahan baku yang dibutuhkan. Selain itu kamu juga harus merekrut pegawai karena dalam proses produksi skincare berskala besar pasti membutuhkan banyak sumber daya manusia.

Akan tetapi dengan jasa maklon, kamu tidak perlu memikirkan semua itu karena baik dari biaya produksi, pegawai serta alat yang dibutuhkan sudah disediakan oleh pihak perusahaan jasa maklon. Biasanya jasa maklon akan menawarkan biaya jasa mulai dari Rp. 20.000.000. namun hal itu masih lebih murah dibandingkan biaya untuk produksi sendiri.

  1. Lebih fokus kepada pemasaran produk

Karena segala urusan produksi skincare telah ditangani oleh pihak perusahaan jasa maklon, maka kamu hanya perlu memfokuskan diri di pemasaran. Inti dari rencana pembuatan produk skincare adalah produk tersebut jadi produk yang bagus dan dapat laku keras di pasar. 

Jika perusahaan jasa maklon telah membantu produksi skincare sehingga menjadi produk yang bagus, maka selanjutnya tergantung bagaimana usahamu membuka toko online, toko offline atau strategi pemasaran lain agar produk dapat laku keras.

Kekurangan Jasa Maklon Skincare

Meskipun banyak perusahaan industri bidang skincare menggunakan jasa maklon, akan tetapi jasa maklon tetap memiliki kekurangan, namun kekurangan ini dapat kamu atasi. Simak kekurangan jasa maklon ini

  1. Tidak bisa memantau jalannya produksi

Skincare adalah produk yang sensitif sehingga harus dibuat dengan baik. Namun apabila menggunakan jasa maklon, kamu tidak dapat memantau jalannya produksi skincare secara langsung. Namun hal ini dapat kamu atasi dengan memastikan produk sampel yang telah diberikan sebelumnya sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

  1. Waktu produksi tidak tentu

Tidak semua perusahaan jasa maklon tidak bisa menepati waktu selesai produksi, akan tetapi ada beberapa perusahaan yang waktu selesai produksinya mundur, sehingga kamu harus mengantisipasinya dengan selalu follow up pihak vendornya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.