Alat Berat Yang Ada di Pelabuhan

Pelabuhan merupakan tempat transit kapal yang mengangkut orang – orang atapun barang. Kapal menjadi penghubung antara satu pulau dengan pulau lainnya yang dipisahkan oleh laut sehingga pengiriman dan pengantaran barang antar pulau dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan bantuan alat berat.

Biasanya, banyak perusahaan yang mengirim atau menerima barang – barang berukuran besar dari luar pulau ataupun luar negeri. Untuk mengangkut dan memindahkan barang – barang berukuran besar tersebut tentu dibutuhkan alat berat untuk melakukan bongkar muat.

Mengapa Menggunakan Alat Berat Untuk Bongkar Muat?

Bongkar muat suatu barang di pelabuhan tidak bisa dilakukan hanya dengan tenaga manusia dan alat pembantu lain seperti linggis, troli dan lain sebagainya. Barang – barang besar tidak dalat dibongkar muat dengan alat – alat yang kecil. Disinilah penting dan perannya alat berukuran besar. Namun alat berukuran besar apa saja yang biasanya digunakan untuk bongkar muatan di pelabuhan?

3 Alat Berat Di Pelabuhan

Bongkar muat adalah kegiatan mengangkut dan memindahkan barang oleh karena itu alat berat yang digunakan haruslah memiliki fungsi mengangkut dan memindahkan.

  1. Crane

Biasanya alat ini ditemukan berada di proyek gedung yang besar, namun crane juga sering digunakan di pelabuhan karena crane berfungsi mengangkut material atau barang yang berukuran besar dan berat berupa kontainer ataupun lainnya. Crane bisa mengangkat barang yang beratnya hampir 100 ton.

  1. Ekskavator

Excavator merupakan salah satu alat yang ada di pelabuhan namun juga sering digunakan di proyek jalan. Excavator berukuran lebih kecil daripada crane namun mudah dioperasikan. Biasanya ekskavator digunakan untuk memindah kargo untuk dimasukkan atau dikeluarkan dari dalam kapal.

  1. Wheel Loader

Wheel loader sering digunakan untuk menggali dan mengangkut material di proyek bangunan. Namun siapa sangka ternyata wheel loader juga dapat digunakan di pelabuhan? Wheel loader digunakan untuk mengangkut bahan – bahan pangan seperti beras, gandum, kentang dan lain sebagainya.

Itulah alat berat yang ada di pelabuhan, alat untuk bongkar muat di pelabuhan memang digunakan untuk proyek pembangunan namun dengan fungsi yang sama tentu saja alat besar dapat digunakan di berbagai tempat sesuai fungsinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.