Cara Mengajukan Cicilan Mobil Baru

Untuk yang ingin membeli mobil baru dengan cara mencicil, ada cara terbaik untuk mengajukan cicilan mobil baru agar mudah disetujui. Karena, prosedur pengajuan cicilan mobil itu tidak bisa sembarangan harus diikuti dengan beberapa persyaratan khusus. Jika Anda tertarik, tentunya Anda harus mengetahui langkah detailnya dan juga persyaratan yang harus disiapkan.

Tips Mengajukan Cicilan Mobil

Sebelum masuk pada persyaratan yang harus disiapkan, terlebih dulu Anda memahami langkah yang harus dilakukan dalam mengajukan cicilan mobil baru. Adapun langkahnya adalah:

  1. Siapkan Dokumen

Dalam mengajukan sebuah cicilan mobil atau pembelian mobil dengan sistem kredit, pastinya memiliki persyaratan dokumen yang harus dilengkapi. Karena, hal ini merupakan syarat utama jika syarat lain sudah memenuhi. Dokumen yang diminta tidaklah sulit, tapi harus lengkap dan tidak boleh ada yang kurang sebagai pendataan calon pemohon.

  1. Analisa Penghasilan

Untuk membeli sebuah barang memang sudah seharusnya disesuaikan dengan penghasilan yang Anda miliki, agar tidak menjadi beban pengeluaran. Sistem cicilan sebenarnya menjadi sebuah solusi kemudahan dalam pembayaran, tapi memiliki beberapa cara untuk melakukannya termasuk menganalisa penghasilan pemohon. Untuk menyesuaikan berapa besaran yang harus Anda bayarkan pada setiap cicilannya setiap bulannya.

  1. Siapkan Uang Muka

Saat memutuskan untuk mencicil membeli mobil, Anda sudah harus menyiapkan uang muka atau DP (down payment) sebagai pembayaran awal di muka saat mulai mencicil. Setiap tempat yang menawarkan untuk bisa mencicil pembelian mobil, pastinya akan memberikan simulasi pembayaran yang dimulai dengan DP tadi.

  1. Miliki Skor Kredit Terbaik

Bagi Anda yang ingin disetujui pengajuan kreditnya harus sadar diri terlebih dulu untu mengetahui apakah Anda memiliki cacat kredit di masa sebelumnya. Oleh karena itu, miliki terlebih dulu skor kredit terbaik. Hal ini akan dilakukan pengecekan oleh BI ( Bank Indonesia) atau yang biasa disebut BI checking.

  1. Memilih Perusahaan Multi Finance

Jika semua langkah sudah dilakukan, saatnya Anda memilih perusahaan multi finance terbaik dalam melakukan pembayaran nantinya. Pilih yang terbaik, agar tidak memberatkan Anda kedepan nantinya.

Syarat Kelengkapan Dokumen

Ini merupakan langkah awal mengajukan cicilan mobil baru seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mempersiapkan dokumen sebagai kelengkapan persyaratan. Namun, dokumen tersebut antara lain adalah:

  1. Bukti Identitas

Dalam melakukan apapun termasuk mengajukan cicilan sudah pasti melibatkan bukti identitas. Sebagai bukti bahwa Anda diakui oleh tempat tinggal Anda dan mengetahui dengan jelas data pribadi Anda sebagai pemohon. Bukti identitas terdapat dua macam yang harus disiapkan, yaitu KTP atau KITAS dan kartu keluarga (KK).

  1. NPWP

Seseorang yang sudah membuat atau memiliki NPWP juga harus melampirkan fotokopinya sebagai salah satu dokumen pengajuan.

  1. Slip Gaji

Ini merupakan salah satu hal yang terpenting setelah identitas, yaitu slip gaji dari tempat pekerjaan Anda. Untu mengetahui dengan benar dan jelas seberapa besar kemampuan Anda dalam melakukan pembayaran atau mencicil nantinya.

  1. Bukti Pembayaran Tagihan Bulanan

Tagihan bulanan adalah pembayaran tagihan setiap bulan yang Anda bayarkan seperti rekening listrik, tagihan air dan banyak lagi. Bukti pembayaran semua tagihan bulanan tersebut juga harus dilampirkan sebagai syarat.

  1. Rekening Koran

Rekening koran adalah lampiran dari rekening bank yang Anda miliki, dokumen ini juga menjadi salah satu syaratnya.

  1. Surat Keterangan Domisili

Untuk mengetahui tempat tinggal dan domisili Anda dengan detail dan lengkap, perlu juga dilampirkan surat keterangan domisili dari pihak setempat di lingkungan tempat tinggal Anda.   

  1. Keterangan Tagihan Cicilan Lain

Jika Anda memiliki bentuk tagihan lainnya juga harus dilampirkan sebagai data tambahan, seperti tagihan kartu kredit pada bank tertentu.

  1. Keterangan Memiliki Usaha Sendiri

Untuk yang terakhir ini tidak terlalu diwajibkan, karena hanya berlaku bagi Anda yang memiliki usaha atau bisnis sendiri yang cukup berkembang. Sebagai dokumen keterangan memiliki usaha tersebut.

Jika dirasa semua data dan dokumen di atas sudah terpenuhi, maka pengajuan cicilan mobil baru bisa dilanjutkan segera.

Leave a Comment

Your email address will not be published.